Thursday 28 February 2013

Bandung kota Wisata Belanja

 
Kota Bandung bukan saja memiliki julukan sebagai kota pendidikan, ia pun memiliki julukan lain sebagai kota fashion dan wisata belanja. Tampaknya julukan sebagai kota fashion sudah terasa kental di telinga para pelancong. Ini terbukti dari kunjungan wisatawan dari luar Kota
Bandung, yang “diburu” adalah FO dan Distroyang mulai bisa didapat dari mulai kawasan Dago-Merdeka-Martadinata sampai di pusat pertokoan Pasar Baru Trade Center.
Bagi wisatawan Jakarta yang kebetulan sering ber-weekend dan liburan di Bandung, baik dalam rangka bisnis mau pun relaks sudah mengenal di mana tempat-tempat belanja fashion. Pelancong Jakarta dengan seleranya masing-masing tahu kemana mereka harus belanja. Kebanyakan memang anak-anak muda dan remaja yang menyempatkan diri relaks di Kota Bandung.
Ada yang senang “berpetualang” di kawasan Dago dengan merk-merk yang sedang ngetren. Mencari fesyen yang sekiranya cocok dengan selera. Jika terasa agak leleh, mereka pun relaks di rumah makan/restoran sambil menghirup udara segar kawasan Dago. Di kawasan Jl. Merdeka mereka pun bisa memilih tempat belanja fesyen. Tampaknya di kawasan ini juga banyak pilihan dengan tempat parkir aman. Untuk sekedar relaks karena letih mencari fesyen yang diinginkan, tersedia pilihan restoran/rumah makan atau coffee corner.

 
Demikian halnya dengan kawasan Jl. Martadinata. Di kawasan ini pun banyak pilihan yang mengesankan dan membuat puas mereka yang menginginkan fesyen. Wisatawan Jakarta terkenal dengan kegemarannya mencari sensasi yang aneh-aneh. Kebetulan pula warga Bandung terkenal kreativitas dalam mendesain model yang diperkirakan disenangi masyarakat.
Pelancong pun memanfaatkan kesempatan berwisata ke Kota Bandung, tidak sekedar untuk relaks semata, melainkan juga berkeinginan membalanjakan isi koceknya untuk kenangan jika mereka pulang ke rumahnya. Sebab, yang berada di rumah biasanya berharap ayah-ibu atau keluarganya membawa sekedar oleh-oleh berupa barang atau makanan khas.
Mereka pun tahu di mana membelanjakan isi koceknya. Di Kota Bandung ada dua kawasan yang memiliki tempat belanja dengan barang-barang yang lengkap. Kawasan Pasar Baru Trade Centerdan kawasan Cihampelas. Di dua kawasan ini para wisatawan akan merasakan puas karena apa yang diinginkannya tersedia dengan jangkauan yang dekat. Tanpa harus berlama-lama mencari. Kebetulan pula harga barang-barang di kedua kawasan itu sangat miring jika dibandingkan dengan di daerahnya sendiri, begitu pula model dan motifnya sangat mengena di hati para pelancong.
Di kawasan Pasar Baru juga tersedia aneka kuliner yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Oncom goreng dengan harga yang bersaing dan cita rasa yang mengena di selera para pelancong, begitu laris terjual dan para pelancong dengan suka cita kembali ke rumahnya dan bisa membagikan oleh-oleh. Selain oncom goreng juga tersedia oncom mentah untuk dimasak di rumahnya. Tahu Cibuntujuga banyak tersedia di sekitar itu. Banyak pelancong yang memanfaatkan kesempatan sekali pergi, tiga-empat tempat dapat dikunjungi sambil rarebodengan oleh-oleh yang ditunggu di rumah.
Yang kecipratan rejeki dari kunjungan wisatawan ke Kota Bandung bukan saja para pedagang di kawasan Pasar Baru atau Cihampelas. Para pedagang kecil yang berjualan di trotoar pun seperti pedagang cireng, baso tahu, batagor atau peuyeum alias tape, pedagang topi atau sabuk juga kecipratan rejeki. Bahkan, penjual jasa seperti tukang parkir dengan setia melayani pemilik kendaraan bermotor. Koceknya terisi dan bisa membawa pulang sejumlah uang ke rumah yang ditunggu keluarga.
Kota Bandung ternyata memiliki daya tarik yang luar biasa. Wisatawan merasakan puas dengan menghirup udara segar Kota Bandung sambil belanja dan membawa pulang oleh-olehuntuk keluarga.

No comments:

Post a Comment